Posted in

Cara Investasi Crypto yang Tepat dan Aman agar Profit

Cara Investasi Crypto yang Tepat dan Aman agar Profit – Bagi pemula, cara investasi crypto cukup rumit dilakukan. Apalagi, investasi crypto memiliki banyak tantangan dan risiko besar. Meskipun begitu, investasi crypto sudah menjadi incaran. Bahkan, saat sekarang tengah menjadi tren di kalangan para investor.

Crypto atau disebut dengan cryptocurrency merupakan salah satu mata uang jenis digital yang memanfaatkan teknologi blockchain. Teknologi tersebut berfungsi untuk mengamankan transaksi hingga mengontrol pembuatan unit baru.

Sesuai dengan namanya, crypto tidak memiliki bentuk fisik seperti mata uang lainnya. Crypto yang paling terkenal hingga pada saat sekarang yaitu Bitcoin. Sedangkan jenis crypto lainnya seperti Ethereum, Litecoin, hingga Ripple.

Cara Investasi Crypto yang Tepat dan Aman agar Profit

Cara Investasi Crypto untuk Pemula

Cara Investasi Crypto yang Tepat dan Aman agar Profit – Sebelum memulai investasi crypto, sebaiknya pahami keuntungan dan kerugiannya. Tujuannya, supaya kita dapat menyusun rencana investasi yang matang.

Investasi crypto memiliki potensi keuntungan yang tinggi. Kenaikan harga crypto terbilang cepat. Tak sedikit investor yang berhasil mendapatkan profit tinggi hanya dalam waktu singkat.

Salah satu daya tarik investasi crypto yang menjanjikan adalah tidak adanya kendali dari pemerintah ataupun bank sentral. Ketika inflasi atau manipulasi, harga crypto cenderung stabil.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, crypto telah menerapkan teknologi blockchain dengan tingkat keamanan tinggi. Itulah mengapa, transaksi crypto sangat aman.

Nilai crypto yang dapat meningkat dengan cepat, juga berdampak pada penurunan harganya. Investasi crypto memiliki volatilitas yang tinggi. Hanya dalam waktu yang singkat, investor dapat mengalami kerugian dalam jumlah besar.

Investasi crypto yang dilakukan secara tepat dan aman dapat mendatangkan banyak keuntungan. Bagi kalian para pemula yang ingin masuk ke dunia crypto, pentingnya supaya mempertimbangkan beberapa hal. Berikut ini adalah ulasannya.

1. Pahami Tujuan Investasi

Cara investasi crypto pertama kali yang harus dilakukan adalah memahami tujuan dari investasi itu sendiri. Setiap investor memiliki tujuan investasi crypto yang berbeda-beda. Hal ini ditentukan berdasarkan kebutuhan, keinginan, hingga kondisi finansial.

Tujuan utama dari investasi crypto bisa mendapatkan keuntungan secara terjadwal, baik itu secara harian, mingguan, maupun bulanan. Selain itu, akumulasi keuntungan yang didapatkan dari investasi crypto tersebut, bisa digunakan untuk tabungan masa depan. Misalnya saja, dana pendidikan, dana pensiun, dana kesehatan dan perencanaan keuangan lainnya.

Tujuan dari investasi crypto dapat hingga jangka pendek maupun jangka panjang. Kita hanya perlu fokus pada salah satu tujuan tersebut. Menentukan tujuan investasi sejak awal membantu kita untuk mengambil keputusan.

2. Pelajari Investasi Crypto secara Mendalam

Cara investasi crypto selanjutnya, yakni mempelajarinya secara mendalam. Diawali dengan hal yang sederhana sampai dengan hal yang paling menyeluruh.

Luangkan waktu untuk melakukan penelitian terkait crypto yang akan diinvestasikan. Mulai dari tren pasar terkini, pengembangannya, teknologi yang digunakan, hingga sistem keamanannya.

Semakin banyak informasi yang dapat digali, semakin memudahkan kita untuk mengambil keputusan dan merencanakan strategi. Hal ini juga memungkinkan kita untuk melakukan analisis risiko secara menyeluruh.

Jangan lupa utamakan dalam versifikasi portofolio. Karena diversifikasi portofolio menjadi suatu hal yang sangat penting dalam melakukan investasi crypto.

Menginvestasikan semua uang ke satu mata uang crypto cukup berisiko. Karena itulah, alokasikan dana ke beberapa crypto agar keuntungannya semakin meningkat.

Kemudian, saat berinvestasi crypto kita akan menggunakan wallet untuk menyimpan aset digital. Pilih wallet yang didukung dengan fitur-fitur canggih agar keamanannya semakin maksimal. Beberapa fitur yang wajib ada dalam wallet yakni enkripsi end-to-end, autentikasi dua faktor dan fitur mutakhir lainnya.

Hati-hati jika ingin menyimpan asset crypto di bursa. Pasalnya, berisiko besar terkena serangan hacker.

Jangan investasi crypto hanya karena mengikuti tren. Berinvestasilah secara bijak dengan memahami prinsip tinggi keuntungan tinggi pula risikonya. Investasi crypto karena fomo rentan mengalami kegagalan.

3. Pilih Crypto dengan Nilai yang Stabil

Cara investasi crypto yang tak kalah penting, yakni memilih crypto dengan nilai stabil. Investor dapat berinvestasi crypto dengan jenis stable coin. Tujuannya, supaya return investasi jelas meski dalam jangka waktu yang lama.

Selain itu, gunakan uang dingin. Maksudnya, uang yang dialokasikan untuk investasi crypto diluar tabungan atau dana darurat. Hal ini dapat meminimalisir kerugian yang besar, terutama ketika nilai crypto sedang melemah.

Bagi yang ingin memulai investasi, tidak ada salahnya menyisihkan 5 sampai 10 persen dari pendapatan setiap bulannya untuk berinvestasi. Namun, nilai ini dapat disesuaikan dengan kondisi keuangan masing-masing.

Jika memiliki banyak kebutuhan, tak masalah menyisihkan uang kurang dari 5 persen dari gaji bulanan untuk investasi. Begitu pula sebaliknya, jika memiliki sisa gaji lebih sebaiknya diinvestasikan.

Sebelum berinvestasi crypto, jangan malas untuk selalu mengikuti perkembangan informasi terbaru tentang aset crypto. Seperti regulasi, berita, hingga isu ekonomi global yang jadi pusat pembicaraan. Meski tidak dipengaruhi oleh inflasi, tidak menutup kemungkinan jika faktor-faktor tersebut berdampak pada nilai crypto.

4. Menyiapkan Dana Darurat

Nilai mata uang crypto bersifat fluktuatif. Karena itulah, penting bagi kita untuk menetapkan batasan kerugian sebelum memulai investasi.

Sebagai contoh, jika harga crypto mengalami penurunan lebih dari batas yang ditentukan, maka harus siap untuk menjual aset. Segera pikirkan strategi untuk keluar dari situasi tersebut agar tidak mengalami kerugian yang besar.

Tak kalah penting, persiapkan dana darurat. Dana darurat ini berfungsi untuk mengantisipasi jika mengalami kerugian.

Saat berinvestasi crypto, ada baiknya untuk memproteksi keuangan. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi jika ada keperluan tak terduga.

Penutup:

Itulah tadi cara investasi crypto yang layak untuk dipertimbangkan. Berinvestasi crypto memang tidaklah mudah. Namun, jika diimbangi dengan pengetahuan, rencana yang matang dan strategi, bukan tidak mungkin untuk mendapatkan keuntungan besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *